Forum Kepala Sekolah Program ADEM Bandung-Cimahi Gelar Kegiatan Penguatan Motivasi

by -12 Views

Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan silaturahmi antar siswa Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) di Provinsi Jawa Barat, Forum Kepala Sekolah program ADEM Kota Bandung-Cimahi menggelar acara Penguatan Motivasi untuk berpresatasi. Acara yang diselenggarakan di aula kampus Sekolah Menengah Atas Kristen (SMAK) Paulus Bandung ini dihadiri oleh 9 sekolah penerima siswa ADEM yang ada di Kota Bandung dan Cimahi.

Kesembilan sekolah tersebut yaitu: SMAK Paulus, SMA BPI 2, SMAK Yahya, SMAK Advent, SMA BPPK, SMAK Pelita Bangsa, SMAK Kalam Kudus, SMAK Rehoboth dan SMA Putra Mandiri Cimahi. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 22 November ini selain dihadiri oleh kepala sekolah dan seluruh siswa ADEM yang ada di Kota Bandung dan Cimahi juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK). Dalam sambutannya, ketua Forum Kepala Sekolah program ADEM Kota Bandung-Cimahi, Dr. Drs. Zulkarnain, M. Pd., mengucapkan terima kasih atas kesediaan Deputi III UP4B untuk hadir dan menjadi pembicara pada acara tersebut. Sementara itu Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan untuk menambah motivasi siswa ADEM. Ketua Yayasan SMAK Paulus mengatakan dalam sambutannya siap memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk menunjang program ADEM.

Pada acara tersebut Deputi III UP4B, Agus Santoso menjadi pembicara tunggal dan memberikan materi dengan judul “Semangat, Kerja Keras dan Ketekunan, Kunci Keberhasilan Memperoleh Prestasi Terbaik”.  Dalam materi tersebut Agus Santoso menjelaskan mengapa harus ada semangat dalam menuntut ilmu, apa dan bagaimana kerja keras dan ketekunan dalam belajar sehingga para siswa ADEM dapat memperoleh prestasi gemilang. Sebagai penutup materi, diputarkan film tentang program afirmasi pendidikan dengan judul “Ade, Papua menunggumu”. Sepanjang penyampaian materi, siswa ADEM terlihat sangat serius dan antusias terutama pada saat pemutaran film. Terdengar sorak sorai dan tepuk tangan yang bergemuruh saat siswa yang hadir pada acara itu muncul dalam adegan film tersebut.

Di akhir session penyampaian materi, Agus Santoso memberikan kesempatan tanya jawab bagi siswa ADEM. Sebagian besar pertanyaan mereka adalah mengenai kelanjutan studi mereka terkait dengan tugas UP4B yang akan berakhir. Menjawab pertanyaan para siswa, Agus Santoso mengatakan: “Bea siswa bagi angkatan 2013 dan 2014 akan terus berlanjut, mengenai progam untuk angkatan 2015 akan dibicarakan dalam waktu dekat dengan pihak Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah.” Selanjutnya acara ditutup dengan doa dan makan bersama. Deputi III UP4B juga menyempatkan diri berfoto bersama seluruh siswa ADEM serta Kepala Sekolah dan guru yang hadir pada kegiatan ini. Terlihat pancaran kebahagiaan dari raut wajah seluruh siswa ADEM. Mereka terlihat senang dengan kegiatan seperti ini. Bertemu teman-teman dari sekolah lain merupakan kebahagiaan tersendiri bagi mereka. Terlihat susasana yang ceria dengan canda tawa mereka. Tanpa terasa waktu berlalu begitu cepat. Saat malam telah datang menggantikan siang, acara ini pun berakhir. Saatnya seluruh peserta harus meninggalkan lokasi acara untuk kembali ke tempat masing-masing. Namun kenangan dan kesan akan selalu tinggal dalam sanubari dan lubuk hati yan palin dalam. Semoga siswa ADEM dapat menyelesaikan pendidikannya dan siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ade……….Papua Menunggumu. (Nasri, Asisten UP4B)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *