Ujian bagi Calon Mahasiswa Program Afirmasi Pendidikan Tahun 2014 di Jayapura Berlangsung Aman dan Tertib

by -8 Views

Pelaksanaan Ujian Test Potensi Akademik  (TPA) dan Test Bidang Studi (TBS) yang menjadi syarat bagi lulusnya calon mahasiswa dalam penyelenggaraan Program Afirmasi Pendidikan Tinggi bagi Putra-Putri Papua Tahun 2014 telah dilaksanakan hari ini, Selasa, tanggal 22 April 2014. Ujian diselenggarakan secara serentak di 16 lokasi di seluruh  Tanah Papua. Hampir di semua Lokasi Test dilaporkan berlangsung dalam keadaan aman dan tertib, dan tidak terkecuali di Kota Jayapura yang merupakan kluster bagi Kota Jayapura, Kab. Jayapura, Kab. Keerom dan Kab. Sarmi. Hanya satu lokasi test terakhir yaitu di Kota Sorong yang mengalami penundaan karena situasi keamanan yang kurang kondusif. Kota Sorong merupakan kluster bagi peserta test dari Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Maybrat, Tambrauw, Raja Ampat dan Sorong Selatan.

  Khusus untuk Kluster Jayapura dilaksanakan di Auditorium Unversitas Cenderawasih yang berlokasi di Kampus Bawah Uncen-Abepura. Sejak pukul 06.00 WIT pagi, para peserta yang sebagian besar mengenakan seragam Sekolah atau masih duduk di bangku Sekolah Kelas XII (Kelas 3 SMU/SMK) sudah memadati areal parkir dan 4 pintu samping Auditorium yang telah di-setting sebagai pintu masuk bagi peserta dari masing-masing 4 daerah. Untuk wilayah Kota Jayapura dan Kab. Keerom di pintu masuk sisi kiri gedung dan bagi Kab. Sarmi serta Kab. Jayapura masuk melalui kedua pintu di sisi kanan gedung tersebut. Peserta secara tertib menunggu giliran dipanggil sesuai nomor test dan dibagi per sekolah asal. Mulai Pukul 7.00 WIT para peserta dipanggil dan memasuki ruang Auditorium dan mengambil tempat duduk yang telah diatur oleh panitia pelaksana dari Universitas Cenderawasih.

 Tepat pukul 9.30 WIT pagi Test Potensi Akademik (TPA) dilaksanakan dan ujian berlangsung selama 60 menit. Tepat pukul 10.30 WIT para peserta dipersilahkan meninggalkan ruangan untuk beristirahat dan kembali pada pukul 11.15 WIT. Tepat pada pukul 11.30 WIT dilanjutkan dengan Test Bidang Stuti (TBS) dan berlangsung selama 120 menit atau 2 jam hingga pukul 13.30 WIT. Jumlah Peserta Test yang terdaftar untuk Kluster Jayapura ini berjumlah 645 peserta. Namun pada kenyataannya yang berhasil hadir dan mengikuti test hari ini tidak mencapai jumlah tersebut. Jumlah peserta yang telah hadir dari beberapa Kabupaten seperti Kab. Jayapura dan Kab. Keerom bahkan tidak mencapai setengah dari jumlah peserta yang telah mendaftar. Dari data yang kami peroleh di lokasi test, Kota Jayapura yang seharusnya mengirimkan 370 peserta hanya diikuti oleh 309 calon mahasiswa. Peserta dari Kab. Jayapura hanya berjumlah 58 orang sedangkan dari Kab. Keerom hanya berjumlah 13 Orang. Tahun ini ada peningkatan jumlah peserta dari Kabupaten Sarmi hingga berjumlah 35 orang dibandingkan tahun 2012 yang hanya 4 orang dan 8 orang di tahun 2013.

 Khusus untuk peserta tambahan dari Kluster lain yang mengikuti ujian di Kluster Jayapura adalah peserta dari Kabupaten Pegunungan Bintang berjumlah 80 Orang dan hanya 10 orang diantaranya yang telah terdaftar sedangkan 70 orang lainnya adalah tambahan peserta untuk mengikuti test yang hadir atas kemauan sendiri. Selain itu, ada pula peserta dari Kab. Mamberamo Tengah yang hadir dan diikutkan dalam ujian kali ini dan berjumlah 19 orang.

 Sedangkan bagi peserta tambahan lain yang belum terdaftar dari Kota Jayapura dan Luar Papua berjumlah 45 orang juga telah diakomodir oleh panitia dengan memberikan kesempatan mengikuti kedua tahapan test dan mengisi formulir pendaftaran susulan.

 Total jumlah peserta ujian dari kluster Jayapura pada hari ini plus peserta tambahan tanpa nomor tes dan ditambah dari dua daerah yaitu dari Kab. Pegunungan Bintang dan Mamberamo Tengah seluruhnya berjumlah 559 peserta. Setelah ujian diselesaikan maka para peserta ujian dari berbagai daerah tersebut membubarkan diri dengan teratur dan tertib. Bagi para peserta tambahan yang hadir dan belum terdaftar diberikan kesempatan untuk mengisi Formulir F.10 dan mengumpulkan kepada Panitia Pelaksana untuk kelengkapan persyaratan sebagai calon mahasiswa dalam Program Afirmasi Pendidikan Tahun 2014. (Boyke Jufuway, Asisten Muda UP4B)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *